Pinjam Satu

Posted: July 20, 2011 in HIKMAH

Cerita ini pertama kali ku dengar waktu SMA dari guru matematika kami. Beliau memang selalu membuat sebuah cerita saat dia melihat wajah-wajah siswanya mulai jenuh. Beliau kadang membuat cerita lucu, teka-teki, bahkan tak jarang beliau memotiasi kami, sehingga semangat dan wawasan selalu bertambah jika selesai belajar dengan beliau.

Suatu ketika aku membaca buku yang ku pinjam dan sampai saat ini belum ku kembalikan dari seoarang abang kos kami dulu, ternyata dalam buku tersebut ada cerita yang pernah diceritakan guru kami dulu. Buku ‘Setengah Isi Setengah Kosong’ nama bukunya.

Berikut adalah salah satu cerita singkat teka-teki yang pernah beliau sampaikan kepada kami. Cerita ini berhubungan dengan matematika dan pembagian warisan. Matematika aneh.

 Suatu ketika, disuatu daerah, hiduplah seorang duda dengan tiga orang anaknya. Duda ini memiliki harta, sawah, rumah dan juga memiliki ternak kerbau.

Suatu ketika saat si duda akan meninggal dia berwasiat bahwa ternak kerbaunya harus dibagi dengan bagian berikut ini. Anak yang pertma mendapat 1/2 bagian,  anak yang kedua 1/4 bagian, dan anak yang terakhir mendapat 1/5 bagian. Dan, waktu itu ternak kerbau yang diwariskannya saat itu adalah 19 ekor.

Dapatkah mereka membagi warisan kerbau tersebut, dengan pembagian yang utuh?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s