SAYA MEROKOK LAGI NGGAK YA??

Posted: September 17, 2011 in BIIDP

SAYA MEROKOK LAGI NGGAK YA??

Ditulis ulang dari wahyudinstr.blogspot.com

Rasa kantuk, tidak semangat bekerja, bawaannya mau marah saja, terus gak bergairah hidup, dan lain-lain adalah keluhan yang pernah saya dengar apabila seseorang pecandu tidak merokok sehari Rata Penuhsaja. Saya tahu itu karena ayah saya juga perokok. Namun, jangan salah ya bro, sampai sekarang saya belum jadi perokok, dan mudah-mudahan gak akan merokok sampai ajal. hehhe..

Sejak kapan saya mulai merokok ya??? Hal ini perlu diingat oleh seorang perokok supaya menimbulkan sebuah kesadaran dalam dirinya. Tentunya seseorang perokok ada waktu kapan dia mulai merokok. Apakah awal merokok dulu memang ada kesadaran memang pingin merokok, itu atas kemauan sendiri, atau kah karena dipaksa oleh kawan, atau hanya karena pingin coba-coba, ehhhh, akhirnya malah ketagihan. Makanya jika ingin berhenti merokok ingat-ingat dulu kenapa ya, kok dulu saya mulai merokok, padahal guru di sekolah dan orang tua di rumah nggak pernah mengajarkan anaknya tuk merokok, meskipun tidak sedikit orang tua maupun guru yang merokok. Ironis.🙂

Kemana saja ya penghasilan saya, kok masih pertengahan bulan sudah menipis???? Ini dia lagi yang sering menjadi masalah, namun banyak pecandu rokok yang tidak sadarkan diri akan hal ini, karena sudah dihantui nikmatnya menghisap racun rokok. Dunia akan terasa nikmat bila sudah menghisap sebatang rokok setelah selesai makan. Katanya!.
Coba deh di hitung-hitung secara kasar saja! Berapa batang ya sehari saya habiskan rokok? Dan berapa bungkus pula selama sebulan? Terus dah berapa slop selama setahun? Apa ada yang dihasilkan rokok itu? Sementara dibeli pakai uang? kenapa gak ditabung saja, or dibuat investasi.
Pecandu rokok deh lebih tahu, hitung-hitungannya, berapa rokok yang sudah dihabiskannya. Masih banyak Lagi yang lebih baik, yang bisa dibeli selain rokok, jika uang itu tidak dibelikan untuk rokok.

Belakangan ini saya kok sering batuk-batuk ya? Terus nafas saya kok jadi pendek-pendek, dangkal lagi? Nah ini dia yang paling berbahaya. Kebiasaan buruk merokok bisa menyita harta anda yang paling berharga, yaitu kesehatan anda. Tak ada yang bisa kita kerjakan jika kita sudah sakit, namun, hanya akan menambah beban orang-orang terdekat kita.
Apakah hanya gara-gara kebiasaan buruk menghirup asap rokok itu saya tega membuat orang-orang yang saya cintai menjadi khawatir dan terbebani????

Memang sih, efek dari kebiasaan buruk merokok itu tidak lansung terlihat. Namun seiring berjalannya waktu, senyawa-senyawa berbahaya dalam asap rokok itu akan terus terakumulasi dalam tubuh seorang perokok, hanya menunggu waktu mencapai konsentrasi dimana senyawa tersebut memberikan efek toksis bagi tubuh, yang akhirnya akan menggerogoti paru-paru anda.

Belum lagi, akan mendapat cemoohan dari orang yang tidak suka asap rokok saat anda sedang merokok misal di tempat umum atau angkutan umum. Sudikah anda menjadi orang yang membuat orang yang semula santai tak terganggu, namun karena asap rokok anda, orang menjadi tidak nyaman??

Sangat banyak zat berbahaya di dalam asap rokok, namun tidak saya jelaskan disini, karena itu perlu pembahasan khusus, mengenai zat-zat tersebut, efek biokimianya pada tubuh, konsentrasinya supaya bisa toksis bagi tubuh, dan kinetikanya dalam tubuh bagaimana.

Mudah-mudahan tulisan ini bisa menggugah hati pembaca. Jika yang membaca bukan seorang perokok, semoga dapat mengajak temannya tuk menghentikan kebiasaan buruk merokok. Dan jika yang membaca memang seorang perokok, sadarlah kawan, gak ada gunanya tuh membakar-bakar uang!! Uang kok dibakar ya???? Mendingan kasi sama saya aj, kirim ke rekening saya!!🙂😀

Comments
  1. bosgentongs says:

    hai gan kunjungan balik nieh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s